Friday, March 21, 2014

MUNGKINKAH MENULIS TANPA IDE?

Hai Sobat Pembaca,

MUNGKINKAH MENULIS TANPA IDE?
Menulis tanpa ide?
Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai kedudukan ide dalam menulis. Tentu dalam setiap tulisan, kita harus mempersiapkan ide atau gagasan yang hendak kita sampaikan lewat karya tulis kita. Namun sering kali kita mengalami kesulitan untuk menemukan ide agar kita terus bisa pproduktif dalam menulis.

Pertanyaan yang paling mendasar adalah "Mungkinkah kita menulis tanpa ide?" Jawaban mayoritas dari pertanyaan tersebut tentunya adalah tidak mungkin kita menulis tanpa ide. Setiap penulis tentu memiliki tujuan tertentu ketika membuat karya tulis. Namun semua tujuan itu tentu berangkat dari gagasan yang melatarbelakangi penulisan.
Sering kali seorang penulis dihadapkan pada situasi tanpa ide atau gagasan. Mungkin saja penulis tersebut memiliki semangat untuk membuat tulisan, namun ia masih bingung ingin menulis tentang hal apa. Kebingungan tersebut tentu menjadi salah satu faktor penghambat bagi produktivitas penulis. Bahkan seorang penulis bisa benar-benar frustasi hanya karena belum mendapatkan ide tulisan yang emnarik.

Ide atau gagasan memiliki kedudukan central yang wajib ada dalam sebuah tulisan. Tanpa ide, maka tulisan tidak akan pernah memiliki makna. Ide berperan sebagai pedoman yang mengarahkan pembahasan dalam  tulisan.

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan ide untuk menulis? Sobat Pembaca sebenarnya dapat mencari ide tulisan dengan memperhatikan hal-hal di sekitar kita. Namun bisanya karena kurang memiliki ketenangan, maka kita cenderung pasif dalam memperhatikan hal-hal yang ada di sekitar kita.

Cobalah untuk menenangkan diri dan amati hal-hal di sekitar kita. Mungkin saja Sobat bisa menemukan ide menulis ketika sedang bercocok tanam, memasak, atau melakukan aktivitas rutin lainnya. Pada intinya, ketenangan sangat dibutuhkan untuk mengamati hal-hal sekitar sehingga memungkinkan untuk memunculkan sebuah gagasan untuk ditulis.

Dengan kedudukan ide atau gagasan yang sentral tersebut, masih mungkinkah kita menulis tanpa ide? jawaban pastinya adalah tidak. Karena tanpa ide, Sobat tidak akan tahu apa yang akan dibahas dalam tulisan tersebut.

No comments:

Post a Comment