Tuesday, March 18, 2014

JENIS-JENIS PENELITIAN MENURUT BIDANGNYA

Hai Sobat Pembaca sekalian,

JENIS-JENIS PENELITIAN MENURUT BIDANGNYA
Posting saya kali ini akan membahas tentang jenis-jenis penelitian. Sebetulnya ada berapa sih jenis-jenis penelitian itu? Pertanyaan tersebut tentu cukup menggelitik dan menghasilkan banyak jawaban. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, fokus tulisan saya adalah mengenai jenis-jenis penelitian menurut bidangnya.

Penelitian yang diklasifikasikan menurut bidangnya, terdiri dari tiga jenis. Tiga jenis penelitian tersebut adalah penelitian bidang akademis, profesional, dan institusional. Ketiganya akan dijelaskan sebagai berikut:

Penelitian Bidang Akademik
Penelitian bidang akademik adalah penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa. Misalnya saja pembuatan skripsi untuk mahasiswa Strata Satu (S1), tesis untuk mahasiswa Pascasarjana (S2), dan disertasi untuk mahasiswa doktoral (S3). Penelitian di bidang ini adalah penelitian yang bersifat edukatif, sehingga lebih mementingkan validitas internal. Variabel penelitian biasanya terbatas serta kedalaman analisis disesuaikan dengan jenjang pendidikan S1, S2, dan S3.

Penelitian Bidang Profesional
Penelitian bidang profesional adalah penelitian yang dilakukan oleh orang yang berprofesi sebagai peneliti. Tujuan dari penelitian bidang profesional adalah mendapatkan pengetahuan. Pengetahuan itu bisa saja berbentuk ilmu, teknologi, dan seni. Variabel penelitian biasanya sangat lengkap. Analisis yang dilakukan dalam penelitian biasanya disesuaikan dengan kepentingan masyarakat ilmiah. Penelitian bidang ini harus dilakukan dengan cara yang benar dan hasilnya dapat berguna untuk pengembangan ilmu.

Penelitian Bidang Institusional
Penelitian bidang institusional adalah penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang bisa digunakan untuk pengembangan lembaga. Hasil penelitian akan sangat berguna bagi pimpinan suatu institusi sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan. Hasil penelitian lebih cenderung pada validitas eksternal (kegunaan), kelengkapan informasi.

Itulah tiga macam jenis-jenis penelitian yang dikelompokkan sesuai bidangnya. Semoga dapat memberikan manfaat pengetahuan bagi Sobat Pembaca sekalian.

No comments:

Post a Comment