Saturday, March 15, 2014

APA PERBEDAAN KARYA TULIS ILMIAH DAN NON ILMIAH?

Karya tulis Non ilmiah
Ilmiah dan non ilmiah, beda?
Pada kesempatan posting yang pertama ini, saya ingin menyajikan tulisan yang membahas mengenai apa itu karya tulis ilmiah. Bagi saudara pembaca yang sudah akrab dengan kebiasaan tulis-menulis karya ilmiah tentu sudah tidak asing lagi dengan karya ilmiah. Namun di sini saya ingin membagi informasi tersebut kepada penulis pemula, termasuk diri saya sendiri.

Pada awal mulanya, dunia karya tulis belum memberikan batasan yang jelas mengenai jenis tulisan. Catatan yang dikemukakan oleh James Clifford (1986) mengemukakan bahwa pada abad ketujuh belas barulah dunia penulisan terbagi menjadi dua, yaitu penulisan ilmiah dan non ilmiah. Oleh karena itu, penting kiranya kita memiliki pengertian dan pemahaman mengenai perbedaan karya tulis ilmiah dan non ilmiah.

Karya tulis ilmiah adalah tulisan yang memiliki bobot akademis tertentu ditinjau dari aspek organisasi tulisan, substansi masalah, akurasi data, dan penyajian. Konsekuensinya, jika para pembaca membuat karya tulis ilmiah, bahasa yang digunakan haruslah bahasa baku dan datar. Secara substansi masalah, tulisan ilmiah cenderung mengacu pada masalah yang terjadi sesuai dengan fakta. Karya ilmiah selalu menekankan unsur objektifitas yang tinggi dalam pembuatannya.

Berbeda dengan karya tulis ilmiah, karya tulis non ilmiah bersifat lebih fleksibel dari segi bahasa. Karya tulis non ilmiah biasanya lebih mengacu kepada hal-hal yang bersifat fiksi daripada kenyataan. Selain itu, unsur subjektifitas dalam karya tulis non ilmiah cenderung sangat besar.

Perbedaan mendasar antara karya ilmiah dan karya non ilmiah tersebut mengakibatkan perlunya penyesuaian tentang metode penulisan masing-masing karya tulis. Beberapa acuan yang dapat dijadikan patokan adalah tujuan penulisan, audiens, dan tone atau sikap penulis.

Setiap pembuatan karya tulis, entah itu karya tulis ilmiah maupun karya tulis non ilmiah tentu memiliki tujuan. Penulis tentu ingin menyampaikan sesuatu hal dalam karya tulisnya. Oleh karena itu tujuan tujuan penulisan haruslah jelas, untuk apa tulisan disajikan. Dalam hal ini, perlu dipilih jenis rektorika yang ingin dipakai, misalnya narasi, deskripsi, eksposisi, atau argumentasi.

Dari segi audiens, penulis dapat menentukan gaya penulisan. Audiens memberikan pengaruh yang besar terhadap gaya menulis. Ketika kita akan menyampaikan pesan tertentu kepada audiens tentu gaya penulisan harus disesuaikan dengan karakteristik audiens. Fungsinya adalah agar pesan yang kita sampaikan mampu dipahami dengan jelas. Gaya bahasa yang dimaksud di sini adalah formal, informal, atau populer.

Kedua hal di atas, yaitu tujuan dan audiens akan menentukan bagaimana sikap penulis (tone). Seorang penulis akan berusaha menyesuaikan diri dalam penggunaan bahasa yang sesuai dengan tujuan dan audiens. Misalnya saja, jika tujuan penulisan karya tulis adalah untuk menyampaikan cerita dengan audiens anak-anak, maka kata "adik-adik" akan sesuai diterapkan dalam karya tulis itu.

Simpulan dari posting kali ini adalah sebagai berikut:

Karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang memiliki ketentuan baku dalam penulisannya. Bahasa yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah adalah bahasa yang baku. Kata ganti orang pertama dan kedua tidak dapat digunakan dalam penulisan karya ilmiah, bisanya kata ganti "saya" digantikan dengan kata "penulis". Karya ilmiah lebih menekankan kepada fakta dan data yang akurat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Contoh: Skripsi, tesis, disertasi, jurnal akademik.

Karya tulis non ilmiah adalah karya tulis yang sifatnya fleksibel dalam penggunaan bahasa. Bersifat fiksi dan biasanya penulisannya disertai dengan unsur subjektifitas yang tinggi. Penggunaan bahasa yang bebas ini membuat karya tulis non ilmiah tidak memiliki aturan yang mengikat. Penulis bebas mengekspresikan dirinya melalui karya tulis non ilmiah. Contoh: cerita fiksi, puisi, novel, cerita pendek.

Demikian beberapa informasi umum mengenai perbedaan antara karya tulis ilmiah dan non ilmiah. Bagi para pembaca yang telah ekspert di bidang tulis-menulis, bisa berbagi di sini. Hitung-hitung menambah ilmu dan membaginya untuk kebaikan bersama.

No comments:

Post a Comment